Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Visi Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Menjadi program keahlian yang unggul dan mampu menghasilkan lulusan profesional dan handal dalam bidang bisnis dan manajemen, dan berakhlak mulia yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha/dunia industri.

 

MisiProgram Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

  1. Mendidik siswa dalam bidang bisnis manajemen khususnya program otomatisasi tata kelola perkantoran agar dapat menjadi tenaga yang siap bekerja sesuai dengan tamatan.
  2. Mendidik siswa agar mampu memilih karir,berkompetensi, dan mengembangkan sikap professional.
  3. Memberikan pengalaman praktek kerja industri untuk mengikuti perkembangan kompetensi pada dunia usaha dan dunia industri
  4. Melaksanakan pembelajaran berwawasan religius yang menghasilkan lulusan yang berkepribadian dan moral yang baik.

 

Tujuan program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

  1. menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
  2. menerapkan dan mengembangkan kemampuan tekhnologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.
  3. menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan,dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
  4. menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
  5. menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
  6. menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola dministrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.

Kompetensi Keahlian

Dasar Kompetensi Keahlian

  1. Ekonomi bisnis
  2. Administrasi umum

Kompetensi Kejuruan

  1. Tekhnologi perkantoran
  2. Korespodensi
  3. Kearsipan
  4. Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
  5. Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
  6. Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan Prasarana
  7. Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan

Kompetensi Lulusan Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Kompetensi lulusan keahlian otomatisasi tata kelola perkantoran ini dirancang dalam rangka menciptakan tenaga kerja terampil pada bidang-bidang pekerjaan sebagai berikut:

  1. Pengetikan naskah atau dokumen
  2. Penanganan telepon
  3. Penataan dan pengelolaan surat atau dokumen
  4. Penataan dan pengelolaan arsip
  5. Penanganan perjalanan bisnis atau agenda pimpinan
  6. Penanganan dana kas kecil
  7. Penanganan aplikasi (presentasi)
  8. Penanganan informasi melalui internet

 

Lingkup Pekerjaan

Secara spesifik pekerjaan yang banyak membutuhkan lulusan tata kelola perkantoran antara lain:

  1. Sekretaris junior
  2. Petugas administrasi
  3. Petugas kearsipan
  4. Petugas perpustakaan
  5. Respsionis
  6. Operator telepon
  7. Juru ketik
  8. wirausaha